LOADING0
H.M. Rasyid Rafiie, Giat Menciptakan Lingkungan Hijau & Sehat
H.M. Rasyid Rafiie, Giat Menciptakan Lingkungan Hijau & Sehat
April 3, 2013
1639 Views

INSPIRING PROFILE

Waktu luang yang dimiliki di masa pensiunnya diisi dengan kegiatan yang berbeda dengan tokoh inspiring profile DAPENDA lainnya. Beliau enggan berkecimpung dalam dunia bisnis dan menemukan “dunia”nya dengan mengabdi pada masyarakat.

Bapak H.M. Rasyid Rafi’ie atau Pak Rasyid demikian beliau sering disapa, sosok pengayom bukan saja bagi anak-anak dan istrinya, namun bagi staf-staf selama beliau mengabdi di PT Angkasa Pura II (Persero) dan Dana Pensiun Angkasa Pura II serta masyarakat sekitar Batu Ceper. Saat ini beliau disibukkan dengan kegiatan dan penyuluhan kader lingkungan dalam menciptakan lingkungan hijau di wilayahnya.

“Saya ingin melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Setelah berpuluh-puluh tahun berdinas saya ingin meluangkan waktu mengabdi untuk masyarakat.” Demikian beliau menuturkan.

Bukan tanpa sengaja beliau memulai kegiatan yang sudah dimulai lebih dari 5 tahun belakangan. Beliau secara khusus melakukan studi lingkungan di Semarang untuk kemudian mencoba mengaplikasikannya dengan mengajak seluruh warga Batu Ceper untuk secara rutin menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan lingkungan hijau dengan menanam berbagai pohon produktif terutama tanaman-herbal yang bisa dijadikan obat.

Setiap warga diwajibkan membersihkan pekarangan rumahnya minimal 10 menit sehari. Setiap warga juga aktif membuat komposter (pupuk yang dibuat dari sampah organik) serta melakukan pemilahan sampah. Sehingga dalam beberapa kesempatan lingkungan Batu Ceper sering dijadikan sebagai lingkungan percontohan dan menerima penghargaan pada lomba-lomba kebersihan tingkat Kotamadya Tangerang.

 “Setahun ini kita telah memiliki 10 orang kader lingkungan yang tersebar di tiap-tiap RT, kader tersebut adalah para ibu-ibu yang juga merupakan kader posyandu. Kita sengaja menggiatkan para ibu karena selain memiliki waktu lebih banyak juga lebih telaten,” ujar beliau selaku Ketua Forum Kecamatan Batuceper Sehat.

Tak jarang beliau bekerjasama dan diundang dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup maupun Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang.

Dalam menciptakan lingkungan sehat tersebut dirinya tidak segan-segan untuk mendatangi daerah lainnya “Saya kunjungi daerah lain yang bagus, lalu jika bisa diterapkan maka saya terapkan di lingkungan komplek kami,” ujar bapak empat orang anak ini.

Pada awalnya beliau sulit membentuk kesadaran masyarakat dalam menjaga serta memelihara lingkungan, namun jika dilakukan dengan serius dan tulus maka lambat laun warga pun akan dengan sadar mau melakukannya.

Beliau juga menitipkan pesan kepada seluruh pensiunan, untuk selalu aktif dan melakukan kegiatan yang positif. Segala hal yang dilakukan dengan ikhlas akan mendatangkan kebaikan. (MRY)

TOP