LOADING0
Mengenal DAPENDA Lebih Dekat
Mengenal DAPENDA Lebih Dekat
April 2, 2014
1639 Views

Dalam upaya mengenal lebih dekat tentang Dana Pensiun Angkasa Pura II (DAPENDA),  berikut ini kami sajikan beberapa informasi penting tentang DAPENDA. Semoga informasi ini bermanfaat.

Logo-Dapenda-

 I. DASAR PENDIRIAN

Dana Pensiun Angkasa Pura II (DAPENDA) merupakan kelanjutan dari Yayasan Dana Pensiun Bersama Angkasa Pura yang didirikan oleh Perum Angkasa Pura dan Perum Pelud Jakarta-Cengkareng dengan Akte Notaris Ny. Anna Sunarhadi, S.H. Nomor 54 tanggal 29 Oktober 1988 dengan nama Yayasan Dana Pensiun Bersama Angkasa Pura (YDPBAP) yang telah mendapat persetujuan Menteri Keuangan Republik Indonesia berdasarkan surat Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor S-694/MK-13/1989 tanggal 2 Juni 1989. YDPBAP  didirikan untuk mengelola 2 (dua) program yaitu Program Pensiun dan Program Tunjangan Hari Tua (THT).

Pada tahun 1998 dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun, YDPBAP dilikuidasi.  Untuk melanjutkan program pensiun yang telah ada, didirikanlah  2 (dua) badan hukum yakni Dana Pensiun Angkasa Pura I  (DAPENRA) dan Dana Pensiun Angkasa Pura II (DAPENDA) yang masing-masing hanya mengelola program Pensiun, sedangkan Program THT dikelola tersendiri oleh masing-masing Pendiri. Kekayaan awal DAPENRA dan DAPENDA berasal kekayaan YDBAP.

DAPENDA  didirikan berdasarkan Keputusan Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) Nomor KEP.549.4/KP.308/APII-98 tanggal 6 Oktober 1998 tentang Peraturan Dana Pensiun dari Angkasa Pura II (PDP) yang telah mendapat pengesahan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KEP-391/KM.17/1999 tanggal 15 Nopember 1999 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Surat Keputusan Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) Nomor KEP.03.13.01/03/2011.1 yang telah disahkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor KEP-206/KM.10/2012 tentang Pengesahan atas Peraturan Dana Pensiun dari Dana Pensiun Angkasa Pura II.

DAPENDA didirikan untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) sesuai Undang-Undang  Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun dan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun Pemberi Kerja dengan  tugas pokok terdiri dari: menghimpun dana (berupa Iuran Pendiri dan Iuran Peserta), mengembangkan dana, dan membayarkan manfaat pensiun dalam rangka memberikan kesinambungan penghasilan bagi Peserta purna bakti.  Ruang lingkup yang menjadi tugas pokok DAPENDA tidak termasuk pengelolaan program Tabungan Hari Tua (THT) serta program jaminan kesehatan yang hingga saat ini tetap menjadi tanggung jawab PT Angkasa Pura II (Persero).

II. HARI LAHIR DAPENDA

Hari Lahirnya DAPENDA ditetapkan tanggal 15 November 1999 yang selalu diperingati setiap tahun. Hal ini didasarkan pada tanggal pengesahan Menteri Keuangan RI terhadap Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) Nomor KEP.549.4/KP.308/APII-98 tanggal 6 Oktober 1998 tentang Peraturan Dana Pensiun dari Angkasa Pura II (PDP). Dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-391/KMK.17/1999 tanggal 15 November 1999 tentang Pengesahan atas Peraturan Dana Pensiun dari Dana Pensiun Angkasa Pura II, maka keberadaan DAPENDA sebagai badan hukum telah sah dan diakui sehingga dapat melakukan tindakan hukum sesuai  peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya Undang-Undang  Nomor
11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.

III. VISI DAN MISI

Pendirian DAPENDA merupakan amanah yang mulia, berintikan kegiatan pengelolaan kekayaan untuk pendanaan dan pembayaran manfaat pensiun sesuai maksud dan tujuan pendirian DAPENDA yang memiliki komitmen mengutamakan kepuasan Peserta (Peserta Aktif dan Pensiunan), kepentingan Pendiri dan stakeholder dengan sebaik-baiknya.

Sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan dalam rangka mencapai maksud dan tujuan pendirian DAPENDA telah ditetapkan Visi dan Misi DAPENDA melalui Keputusan Pengurus Nomor KEP.023/DPAP.II/VIII/2005 yaitu:

a. Visi

Menjadi Dana Pensiun Pemberi Kerja yang mengelola Program Pensiun Manfaat Pasti guna memberikan hasil terbaik bagi stakeholder, terpercaya dalam kualitas layanan dan sumber daya manusia serta mampu menyejahterakan para Peserta.

b. Misi

Mengelola dan mengembangkan kekayaan DAPENDA secara amanah dan profesional dengan menerapkan Good Pension Fund Governance, guna menjamin pembayaran manfaat pensiun tepat waktu dan tepat jumlah kepada Peserta yang berhak, dengan biaya dan resiko yang secara obyektif dapat dipertanggungjawabkan.

IV. BUDAYA DAPENDA

Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi DAPENDA, sebagai landasan dan pedoman setiap insan DAPENDA dalam bertindak, DAPENDA memiliki Budaya Perusahaan berupa tata nilai dan norma sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku, baik secara internal yaitu antara  rekan kerja dan atasan maupun eksternal yakni antara Pengurus/karyawan DAPENDA dengan peserta dan mitra kerja untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif dan harmonis agar dapat bekerja secara sinergis, efisien dan efektif, dilandasi dengan pelayanan sepenuh hati.

Budaya Perusahaan  yang menjadi landasan sikap dan perilaku setiap insan DAPENDA dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya adalah “AMANAH” yang mengandung pengertian sebagai nilai-nilai pokok yang tertanam dalam diri setiap insan DAPENDA, yaitu:

  • Akhlakul Karimah, bahwa setiap insan DAPENDA memiliki akhlak yang baik dan terpuji serta senantiasa menjauhi perbuatan yang tercela;
  • Mandiri, bahwa insan DAPENDA bersifat mandiri dan profesional melaksanakan tugas dan tanggung jawab;
  • Antisipatif, bahwa insan DAPENDA senantiasa dapat mengantisipasi dan peduli terhadap segala kemungkinan yang berpengaruh kepada DAPENDA;
  • Normatif, bahwa di dalam melaksanakan tugas setiap insan DAPENDA senantiasa memegang teguh dan berpedoman pada ketentuan dan hukum yang berlaku;
  • Aspiratif, bahwa insan DAPENDA tanggap dan peka terhadap aspirasi yang berkembang, baik di lingkungan internal maupun eksternal DAPENDA;
  • Harmonis, bahwa setiap insan DAPENDA senantiasa mengedepankan kerjasama dan koordinasi yang harmonis dengan sesama rekan kerja dan unsur terkait.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi para pembaca untuk lebih memahami tentang DAPENDA.

— yh —

TOP