LOADING0
Usaha Peternakan Ikan Bawal Pak Bowo
Usaha Peternakan Ikan Bawal Pak Bowo
April 8, 2013
1639 Views

INSPIRING PROFILE:

Setelah menempuh perjalanan dengan mobil lebih kurang empat jam dari kantor DAPENDA di Bandara Soekarno-Hatta, tim DAPENDA tiba di Waduk Cirata, Cianjur Jawa Barat. Perjalananpun masih dilanjutkan dengan perahu motor untuk dapat menuju ke lokasi di tengah waduk tempat keramba ikan milik Bowo Laksono atau yang akrab dipanggil Pak Bowo.

Usaha peternakan ikan bawal yang dimulai pada pertengahan tahun 2005, pada mulanya hanya 1 unit berukuran 14 m x 14 m dengan modal awal Rp 10 juta. Setengah tahun kemudian Pak Bowo menambah kerambanya satu unit lagi dan saat ini ia memiliki 7 unit keramba ikan serta mempekerjakan penduduk 3 orang penduduk setempat.

Berawal dari hobinya memancing ikan, mendorong Pak Bowo memilih usaha peternakan ikan sebagai salah satu kesibukannya setelah pensiun. Hal ini telah dipersiapkannya pada saat menjelang pensiun dengan harapan jika sudah pensiun tinggal melanjutkan saja tanpa harus merogoh kantong yang memang semakin terbatas.

Dari semua keramba yang dimilikinya, ia dapat memanen 5 ton ikan setiap 2 minggu sekali. Untuk memasarkan ikan panenannya tersebut, Pak Bowo tidak perlu memikirkan kemana ikan-ikan tersebut harus dijual, karena di sekitar waduk Cirata ada beberapa pengusaha pemborong ikan yang siap mengambil ikan langsung ke keramba sampai menjualnya di pasaran.

Hasil penjualan ikan ia pergunakan 40 % untuk membayar pekerjanya sedangkan yang 60 % merupakan bagian Pak Bowo selaku pemilik keramba. Hasil bersih yang dapat dibawa pulang Pak Bowo setiap kali panen lebih kurang Rp. 1,5 juta. Ia sangat mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh sang Pencipta kepadanya. Walaupun tidak berlebih tetapi cukup untuk menambah uang pensiunan yang diterimanya.

Keberhasilan Pak Bowo mengelola peternakan ikan tidak datang dengan mudah, tetapi harus melalui jalan berliku yang penuh rintangan dan tantangan. Hanya keuletan dan ketekunan beliaulah yang mampu mengatasi semuanya itu. Tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, tak ada harapan yang tak dapat diraih. Semoga inspiring profile ini memberikan inspirasi kepada kita semua untuk terus berkarya. (FI)

TOP